Divacomputerlwl,
PRIORITAS URUTAN PENGISIAN EMIS 2012
1. Selesaikan detail lembaga, sampe semua lembaga terkoleksi
di dalam aplikasi.
2. Entry/Update Personal pegawai sampai selesai.
3. Entry detail siswa sampai selesai.
Hal yang perlu diperhatikan sebelum input data melalui aplikasi
1. Pastikan
Nomor statistik belum digunakan oleh lembaga lain.
2. Perhatikan jika menuliskan tanda petik (‘),
didalam aplikasi gunakan tanda (`) dibawah tombol esc.
3. NIP/No. Karyawan untuk detail personal
diperhatikan secara seksama, jika untuk non-pns gunakan
NIK/No. KTP sebagai pengganti NIP.
4. NIS Lokal untuk detail siswa, perhatikan secara
baik supaya jangan hanya sekedar nomor urut bila siswa
ybs belum memilikinya.
ybs belum memilikinya.
Tidak bisa masuk ke dalam aplikasi.
Tidak bisa masuk ke dalam aplikasi disebabkan
karena salah user name dan password. Atau juga disebab load traffic ke dalam server penuh sehingga
terjadi deadlock komunikasi antara client dan server.
Hal ini terjadi tercoruptnya file di dalam database
pengaturan.
Ketika masuk ke dalam aplikasi tertulis ‘Couldn’t
connect’.
Ini terjadi karena banyaknya user terhadap aplikasi
sehingga akan mengakibatkan database menjadi ‘hang’. Solusinya segera lapor ke EMIS Team FB
untuk segera diperbaiki. Sebentar lagi juga akan dipasang router/semacam pengatur lalu lintas
komunikasi sehingga tidak akan terjadi antrian dan databse tidak akan menjadi ‘hang’.
Ketika masuk ke dalam aplikasi proses loading lama.
Hal ini terjadi karena overload capacity sehingga
ibaratnya jalan raya kelebihan kendaraan yang melewatinya, sehingga terjadi macet. Solusinya
gunakan saat jam-jam non sibuk (biasanya di luar jamkantor).
Jendela pengaturan tidak dapat diedit.
Fasilitas ini untuk sementara di skip saja alias
langsung tekan tombol simpan.
Tools ubah password tidak berjalan.
Fasilitas ini untuk sementara waktu di cabut supaya
tidak mengganggu kelancaran input data.Memasukkan data identitas lembaga baru, tetapi
selalu muncul form kosong dan tidak menuju ke menu daftar lembaga.Cek NSS_baru, biasanya sudah digunakan oleh lembaga
lain…silahkan lapor ke kankemenag setempat untuk perbaikan Nomor Statistik.
Aplikasi PTAI
Untuk aplikasi PTAI, setelah log-in, tetapi data
nama lembaga tidak tersedia atau tampil, padahal datasudah diinput.Cek Nama Singkatan pada PTAI, nama singkatan harus
sesuia dengan user name saat log-in.
Ubah Nomor Statistik, aplikasi menjadi eror.
Hal ini dimungkinkan ubah nomor statistic tidak menggunakan
fasiltas ubah NSM yang telah
disediakan(untuk detailnya silahkan baca user
manual).
Data pada Form Tahun Statistik Hilang.
Hal ini terjadi karena masih belum single user
untuk masing-masing lembaga, namun tidak usah khawatir datanya tidak hilang, silahkan tinggal
tambahkan tahun statistiknya.
Data personal tercampur dari lembaga lain.
Hal ini terjadi karena carut marutnya Nomor
Statistik lembaga yang belum bersifat unik sehingga hal ini dapat terjadi. Selain itu juga diakibatkan NIP/No.
Karyawan yang masih berupa no. urut biasa yang bukan merupakan nomor single unik.
Memang untuk data G-PAIS dan Pengawas belum dipisah
per kemenag kab/kota, karena hasil data 2010, diminta untuk update lokasi
kemenag tetapi tidak dilaksanakan sampai dengan disetorkan ke EMIS Pusat, shg
datanya tercampur dengan Kab/Kota lain tetapi hanya 1 propinsi.
Data detail orangtua siswa pada detail siswa
tercampur dengan siswa lain.
Cek NIS local siswa, apakah ada yang sama.